Pantai Tanjung Benoa - The Most Water Sports in Bali

Pantai Tanjung Benoa terletak di ujung timur pulau Bali. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata air yang terkenal. Berbagai sarana olahraga air disediakan di tempat ini seperti, banana boat, snorkling, flying fish, parasailing dan jetski. Uniknya olahraga surfing atau selancar yang banyak dijumpai di pantai-pantai lain dari pulau Bali, justru tidak tersedia di objek wisata ini. Hal ini dikarenakan ombak yang ada dilokasi wisata ini cenderung tenang, sehingga kurang cocok untuk olah raga selancar.

Harga yang dikenakan kepada pengunjung untuk menikmati berbagai sarana olahraga air tersebut berkisar antara 150 ribu hingga 200 ribu. Dengan harga tersebut secara tertulis disebutkan bahwa pengunjung bisa menikmatinya dalam kurun waktu 10-15 menit. Banyak dari wisatawan yang mencoba menikmati beberapa sarana olah raga yang ditawarkan terutama wisatawan asing yang gemar melakukan olah raga air.
Rolling Donut adalah salah permainan favorit di Tanjung Benoa. Anda akan duduk di sebuah pelambung berbentuk kue donut dan ditarik dengan speed boat.

 







Jet ski menggunakan kendaraan yang tidak jauh berbeda dengan sepeda motor. Bedanya kalau kendaraan bermotor dijalankan di aspal sedangkan jet ski dijalankan di air. Kegiatan ini memberikan sensasi yang berbeda. Dengan kecepatan jet ski, anda akan merasakan bagaimana berayun saat kendaraan ini menabrak riak air. 

Karena kecepatan yang tinggi, maka banyak vendor tidak mengizinkan tamunya mengendarai jet ski sendiri tanpa didampingin instruktur. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya tabrakan antara pengendara jet ski dengan nelayan atau pemain olah raga lainnya. Biasanya instruktur akan membantu anda untuk mengendarai jet ski ini ke area tengah dan setelah berada di wilayah yang aman maka dia akan menyerahkan kemudi jet ski kepada anda.

Flying fish dapat dibilang merupakan kombinasi antara banana boat dengan parasailing. Flying fish ini menggabungkan empat buah banana boat menjadi satu rangkaian yang kemudian dihubungkan dengan seutas tali pada sebuah speed boat. 

Speed boat ini berfungsi untuk menarik. Speed boat dengan kecepatan 100 km/jam akan menarik rangkaian banana boat tersebut hingga meluncur di atas air dengan ketinggian hingga 10-15 meter. Kegiatan ini dapat lancar dengan adanya bantuan kecepatan speed boat dan bantuan angin. Kedua unsur ini (kecepatan dan angin) harus ada, jika salah satu tidak dapat mendukung maka sensasi flying fish tidak dapat dirasakan.




Parasailing berasal dari kata Parachute dan sailing, di mana tubuh anda akan diikatkan pada sebuah parasut dengan dua buah harnest (tali kekang), kemudian parasut diikatkan pada speedboat dengan tali. 
Pemain akan ditarik dengan kecepatan tinggi oleh speedboat, sehingga membuat parasut terangkat naik ke udara sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Parasaan ngeri tapi menakjubkan pun akan dirasakan oleh anda. Ini akan menjadi pelengkap liburan anda di Bali.

Banana boat merupakan sejenis olahraga air dengan menggunakan perahu karet yang berbentuk pisang. Pada umumnya, satu perahu dinaikin maksimal 6 orang.

Permainan ini dimulai ketika perahu ditarik oleh speedboat yang berkecepatan tinggi. Setelah itu perahu dibelokkan dengan kecepatan tajam sehingga mengakibatkan perahu terbalik beserta semua penumpangnya. Untuk keamanan semua peserta wajib menggunakan jaket pelampung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar